REVIEW TERHADAP JURNAL PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT 365 DI TINGKAT SMK
REVIEW TERHADAP JURNAL PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN DARING
Disusun oleh ANNE RUFAIDAH, S.S
NIM 213435
Semester 6C Umum
sebagai tugas Mata Kuliah TIK STAIM Klaten
Pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar bagi
aspek kehidupan masyarakat. Dampak
tersebut terjadi di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata, dan tak luput juga bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran (SE) pada tanggal 18 Maret 2020 menyatakan bahwa segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di
semua sektor akan ditunda sementara waktu, terutama
bidang pendidikan. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
kemudian menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran
Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Pembelajaran di sekolah kemudian
dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Belajar di
rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan
hidup antara lain mengenai pandemi
COVID-19.
Akibatnya hal
tersebut menjadikan tantangan bagi seluruh
elemen pendidikan baik sekolah maupun guru untuk menentukan strategi dan
media pembelajaran yang tepat untuk pengembangan sistem pembelajaran daring
tersebut sehingga dapat mencapai
tujuan pembelajaran sebagaimana pembelajaran secara tatap muka langsung.
Pembelajaran merupakan proses kompleks dalam diri peserta didik dan terkait dengan berbagai aspek dalam diri maupun luar
dirinya. Guru sebagai pemberi fasilitas
belajar dituntut memiliki
kemampuan dalam memilih dan menerapkan strategi
pembelajaran. Dengan kemampuan tersebut guru dapat melaksanakan fungsi pemberi
fasilitas dengan baik sehingga peserta didik dapat melakukan
aktivitas belajar secara
efektif.
Melihat berbagai fakta tersebut, maka penerapan metode
online learning (e- learning)
menjadi suatu pilihan terbaik
bagi dunia pendidikan. Berbagai institusi pendidikan saat ini mulai memanfaatkan teknologi
dan menerapkan sistem pembelajaran daring
untuk menunjang aktivitas pembelajaran.
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet. Penggunaan teknologi dalam pendidikan
merupakan alternatif untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas hasil dan proses dalam pembelajaran. Maka guru dan peserta
didik dituntut aktif untuk menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran secara daring merupakan cara baru dalam proses belajar
mengajar yang memanfaatkan perangkat elektronik khususnya
internet dalam penyampaian belajar. Pembelajaran daring, sepenuhnya bergantung pada akses jaringan
internet. Pembelajaran daring merupakan bentuk
penyampaian pembelajaran konvensional yang dituangkan pada format digital
melalui internet. Pembelajaran daring, dianggap menjadi
satu-satunya media penyampai materi antara guru dan siswa,
dalam masa darurat pandemi.
Pembelajaran daring dapat menggunakan video conference (webinar Zoom, Webex), Microsoft Teams, Microsoft Form,
Whatsapp maupun aplikasi lainnya. Kemunculan media pembelajaran daring ini
sudah lama ada. Akibat pandemi Covid-19 banyak sekolah beralih ke pembelajaran jarak jauh dan penggunaan berbagai media pembelajaran daring ini mulai merebak di Indonesia.
Microsoft Teams for
Education merupakan salah satu media pembelajaran daring yang dirancang
di dalam microsoft office 365.
Office 365 merupakan kolaborasi berbagai perangkat lunak yaitu Microsoft Office, Microsoft Share Point Online,
Microsoft Exchange Online dan Microsoft
Lync Online yang
selalu terhubung dengan
layanan komputasi awan atau Cloud.
Komputasi berbasis awan sendiri
adalah layanan komputer yang berbasis Cloud
atau berbasis awan yang artinya merupakan
gabungan pemanfaatan teknologi
komputer dalam suatu jaringan dengan
pengembangan berbasis internet (Cloud) yang
mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi
melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama secara bersama, tetapi tak semua yang terkonekasi
melalui internet menggunakan komputasi awan.
Teknologi komputer berbasis sistem
Cloud ini merupakan sebuah teknologi
yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.
Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna utuk
mengakses data pribadi mereka melalui komputer
dengan akses internet. Dalam office 365 ada
beberapa program berbasis awan,
antara lain : Outlook, One Drive,Word,
Exel,Power Point,One Note, Share Point,
Teams, Classnote, Sway dan Form.
Office 365 adalah
layanan langganan berbasis Cloud dengan
peralatan terbaik yang memungkinkan semua orang bekerja
dengan cara modern.
Dengan menggabungkan aplikasi
terbaik di kelasnya seperti Excel dan
Outlook dengan layanan Cloud canggih seperti
OneDrive dan Microsoft
Teams. Office 365 memungkinkan
semua orang menghasilkan dan berbagi
banyak hal di mana saja di semua perangkat Dalam fitur Microsoft Office 365 yang digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo salah satu yang utama adalah Teams. Teams adalah aplikasi hubungan kolaborasi
tim di Office 365 yang mengintegrasikan semua orang,
konten, dan alat yang dibutuhkan tim agar terlibat
dalam satu tempat yang sama.
Office 365 memiliki Microsoft Teams sebagai digital
hub yang meng- hubungkan
berbagai layanan Office 365 dalam
satu ruang kerja memungkinkan guru
dan siswa untuk mencapai hal lebih, karena mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi
dengan mudah. Hal ini didukung dengan
adanya fitur obrolan yang disematkan di
dalam Microsoft Teams yang
memungkinkan siswa melakukan konsultasi secara personal atau pun kelompok,
ataupun sebaliknya, pendidik
membimbing seluruh siswa langsung dari
percakapan di dalam kelas virtual atau pun langsung
secara personal kepada setiap siswa.
Agar lebih produktif, sebuah tim kerja perlu didukung
oleh sistem yang
efektif dan efisien. Di dalam sistem ini, para anggota tim dapat
membangun komunikasi secara intens untuk menciptakan
kolaborasi ideal. Berperan sebagai pusat
kerja tim di Microsoft Office 365.
Microsoft Teams hadir dengan dukungan sejumlah fitur
unggulan yang memfasilitasi seluruh anggota
tim. Bagaimana Microsoft Teams dapat membantu meningkatkan
kinerja dalam berkomunikasi, berbagi dokumen,
mengadakan pertemuan bersama,
dan itu semua dilakukan secara daring (Panduan Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams MICROSOFT
TEAMS PLATFORM, n.d.).
Microsoft Teams adalah hub digital yang menyatukan
percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat,
memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft bertujuan untuk menawarkan pengalaman belajar jarak jauh sebagai pribadi, menarik
dan terhubung secara sosial seperti
belajar di kelas. Microsoft Teams memungkinkan
siswa dan guru dapat tetap
berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan, dan dapat merasa seperti
mereka bertemu langsung
menggunakan pertemuan langsung.
Guru dapat melacak
kemajuan siswa dalam pekerjaan sehari-hari mereka menggunakan tugas. Sama seperti
di ruang kelas, guru dapat menggunakan aplikasi dan fungsi tim untuk mendukung cara mereka bekerja
terbaik (Education & Vol, n.d.).
Dalam satu aplikasi Microsoft Office 365 pembelajaran dapat berlangsung dengan fitur-fitur penunjang yang dapat mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa dapat membuat
tim untuk diskusi
kelompok, proyek, aktivitas
berbeda (yang diperlukan) dan mengundang orang
lain dalam sekolah untuk bergabung sebagai anggota tim. Microsoft Teams juga dapat dibuat berdasarkan grup Office 365 yang sudah ada, dan segala
perubahan pada grup Office 365 secara otomatis akan
disinkronnisasi ke dalam Teams. Sistem tersebut menyederhanakan proses pengundangan dan pengelolaan anggota
tim, dan menyimpan file grup di Microsoft Teams. Selain itu Microsoft Teams juga dapat digunakan untuk
video conference untuk pembelajaran tatap muka melalui
daring.
Sebagai contoh,
kelas individual dapat lebih lanjut dikelola menjadi saluran (channel) yang berisi tab untuk percakapan, file, catatan, dan sebagainya.
Saluran dapat dibuat berdasarkan
kebutuhan kelas yang beragam, misalnya, berdasarkan unit, subjek, atau grup
berbasis proyek. Tab memungkinkan kelas mengunggah, meninjau,
mengedit file, catatan,
dan konten yang dapat disesuaikan (seperti dokumen, lembar kerja, presentasi, video, tautan eksternal, aplikasi lain, dan sebagainya). Konten ini dapat diakses dengan mudah oleh semua mahasiswa didalam kelas.
Keuntungan menggunakan Teams yaitu Mendapatkan keuntungan produktivitas dan komunikasi yang semakin diperkaya, fokus yang lebih baik pada pekerjaan dan sekolah, transparansi meningkat, memudahkan kerjasama yang baik
pada tempat kerja/sekolah digital, kemudahan masuknya anggota tim baru dapat lebih cepat meningkatkan kecepatannya.
Selain itu juga terdapat kendala dalam penggunaan Microsoft Teams yaitu siswa masih cukup pasif dalam pelaksaan pembelajaran daring. Tetapi, dari kendala tersebut masih dapat diatasi oleh guru. Hal tersebut yang membuat guru juga menggunakan aplikasi whatsapp untuk mengingatkan siswa saat akan dilaksanakan pembelajaran daring di Microsoft Teams.
REVIEW
PENULIS
Dengan menggunakan
Microsoft Teams dalam kegiatan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah
Indonesia dapat dikatakan
cukup efektif dan efisien. Dengan bermacam-macam fitur dalam satu aplikasi membuat
banyak kemudahan bagi guru dan siswa dalam penggunaannya, karena guru
dapat menyampaikan bahan ajar dengan menggunakan berbagai kemudahan atau fitur yang telah disediakan oleh Microsoft Teams, tidak hanya berupa teks melainkan bisa berupa video. Selain itu, guru dapat juga memantau keaktifan
siswanya dengan fitur chat, serta
dapat dengan efisien dalam memberikan tugas sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Selain itu Microsoft Teams juga
dapat digunakan untuk video conference untuk
pembelajaran tatap muka melalui daring.
Hal ini menunjukkan bahwa
pembelajaran menggunakan Microsoft Teams cukup
efisien dalam proses pembelajaran daring saat ini.
Dari pengalaman pribadi penulis, yang juga sebagai Guru PAI dan Budi
Pekerti di SMK ROTA Bayat yang juga menggunakan aplikasi Teams untuk
pembelajaran daring, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menggantikan KBM
luring selama masa pandemic. Mengkoreksi tugas juga menjadi lebih praktis tidak
perlu kemana-mana membawa kertas atau buku tugas siswa yang memberatkan. Selain
itu KBM menjadi ter arsip dengan baik dalam aplikasi Teams. Selain Teams, di SMK ROTA juga menggunakan aplikasi Microsoft
365 lainnya seperti Form, Sway, PPT Online, dsb. Sebelum menggunakan
seluruh aplikasi ini seluruh guru mengikuti training sampai mahir dan
mendapatkan sertifikat. Kemudian bagi siswa karena tidak memungkinkan
mengadakan kegiatan tatap muka dibuatkan video penggunaan aplikasi ini.
Akan
tetapi ada juga masalah yang ditimbulkan akibat pembelajaran luring yang beralih
ke daring. Masalah dan hambatan yang ditemui penulis antara lain, siswa butuh
uang lebih untuk membeli kuota sedangkan Sebagian siswa berasal dari keluarga
kurang mampu. Sempat ada bantuan kuota dari pemerintah, akan tetapi tidak semua
siswa mendapatkannya, dan turunnya bantuan membutuhkan waktu yang lama
sementara KBM harus terus berlangsung. Selain itu kendala yang lain adalah beberapa siswa HP
tidak mendukung untung mengunduh aplikasi ini sehingga terpaksa dating
kesekolah untuk belajar menggunakan computer yang disediakan sekolah.
Komentar
Posting Komentar