REVIEW TERHADAP JURNAL PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT 365 DI TINGKAT SMK

 REVIEW TERHADAP JURNAL PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN DARING


Disusun oleh ANNE RUFAIDAH, S.S

 NIM 213435

Semester 6C Umum

sebagai tugas Mata Kuliah TIK STAIM Klaten


 RINGKASAN JURNAL

Pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar bagi aspek kehidupan masyarakat. Dampak tersebut terjadi di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata, dan tak luput juga bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran (SE) pada tanggal 18 Maret 2020 menyatakan bahwa segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di semua sektor akan ditunda sementara waktu, terutama bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kemudian menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Pembelajaran di sekolah kemudian dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi COVID-19.

Akibatnya hal tersebut menjadikan tantangan bagi seluruh elemen pendidikan baik sekolah maupun guru untuk menentukan strategi dan media pembelajaran yang tepat untuk pengembangan sistem pembelajaran daring tersebut sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran sebagaimana pembelajaran secara tatap muka langsung. Pembelajaran merupakan proses kompleks dalam diri peserta didik dan terkait dengan berbagai aspek dalam diri maupun luar dirinya. Guru sebagai pemberi fasilitas belajar dituntut memiliki kemampuan dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran. Dengan kemampuan tersebut guru dapat melaksanakan fungsi pemberi fasilitas dengan baik sehingga peserta didik dapat melakukan aktivitas belajar secara efektif.

Melihat berbagai fakta tersebut, maka penerapan metode online learning (e- learning) menjadi suatu pilihan terbaik bagi dunia pendidikan. Berbagai institusi pendidikan saat ini mulai memanfaatkan teknologi dan menerapkan sistem pembelajaran daring untuk menunjang aktivitas pembelajaran.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet. Penggunaan teknologi dalam pendidikan merupakan alternatif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil dan proses dalam pembelajaran. Maka guru dan peserta didik dituntut aktif untuk menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran secara daring merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang memanfaatkan perangkat elektronik khususnya internet dalam penyampaian belajar. Pembelajaran daring, sepenuhnya bergantung pada akses jaringan internet. Pembelajaran daring merupakan bentuk penyampaian pembelajaran konvensional yang dituangkan pada format digital melalui internet. Pembelajaran daring, dianggap menjadi satu-satunya media penyampai materi antara guru dan siswa, dalam masa darurat pandemi.

Pembelajaran daring dapat menggunakan video conference (webinar Zoom, Webex), Microsoft Teams, Microsoft Form, Whatsapp maupun aplikasi lainnya. Kemunculan media pembelajaran daring ini sudah lama ada. Akibat pandemi Covid-19 banyak sekolah beralih ke pembelajaran jarak jauh dan penggunaan berbagai media pembelajaran daring ini mulai merebak di Indonesia.

Microsoft Teams for Education merupakan salah satu media pembelajaran daring yang dirancang di dalam microsoft office 365. Office 365 merupakan kolaborasi berbagai perangkat lunak yaitu Microsoft Office, Microsoft Share Point Online, Microsoft Exchange Online dan Microsoft Lync Online yang selalu terhubung dengan layanan komputasi awan atau Cloud. Komputasi berbasis awan sendiri adalah layanan komputer yang berbasis Cloud atau berbasis awan yang artinya merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (Cloud) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama secara bersama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan komputasi awan. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna utuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet. Dalam office 365 ada beberapa program berbasis awan, antara lain : Outlook, One Drive,Word, Exel,Power Point,One Note, Share Point, Teams, Classnote, Sway dan Form.

Office 365 adalah layanan langganan berbasis Cloud dengan peralatan terbaik yang memungkinkan semua orang bekerja dengan cara modern. Dengan menggabungkan aplikasi terbaik di kelasnya seperti Excel dan Outlook dengan layanan Cloud canggih seperti OneDrive dan Microsoft Teams. Office 365 memungkinkan semua orang menghasilkan dan berbagi banyak hal di mana saja di semua perangkat Dalam fitur Microsoft Office 365 yang digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo salah satu yang utama adalah Teams. Teams adalah aplikasi hubungan kolaborasi tim di Office 365 yang mengintegrasikan semua orang, konten, dan alat yang dibutuhkan tim agar terlibat dalam satu tempat yang sama.

Office 365 memiliki Microsoft Teams sebagai digital hub yang meng- hubungkan berbagai layanan Office 365 dalam satu ruang kerja memungkinkan guru dan siswa untuk mencapai hal lebih, karena mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan mudah. Hal ini didukung dengan adanya fitur obrolan yang disematkan di dalam Microsoft Teams yang memungkinkan siswa melakukan konsultasi secara personal atau pun kelompok, ataupun sebaliknya, pendidik membimbing seluruh siswa langsung dari percakapan di dalam kelas virtual atau pun langsung secara personal kepada setiap siswa.

Agar lebih produktif, sebuah tim kerja perlu didukung oleh sistem yang

efektif dan efisien. Di dalam sistem ini, para anggota tim dapat membangun komunikasi secara intens untuk menciptakan kolaborasi ideal. Berperan sebagai pusat kerja tim di Microsoft Office 365. Microsoft Teams hadir dengan dukungan sejumlah fitur unggulan yang memfasilitasi seluruh anggota tim. Bagaimana Microsoft Teams dapat membantu meningkatkan kinerja dalam berkomunikasi, berbagi dokumen, mengadakan pertemuan bersama, dan itu semua dilakukan secara daring (Panduan Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams MICROSOFT TEAMS PLATFORM, n.d.).


Microsoft Teams adalah hub digital yang menyatukan percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat, memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft bertujuan untuk menawarkan pengalaman belajar jarak jauh sebagai pribadi, menarik dan terhubung secara sosial seperti belajar di kelas. Microsoft Teams memungkinkan siswa dan guru dapat tetap berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan, dan dapat merasa seperti mereka bertemu langsung menggunakan pertemuan langsung. Guru dapat melacak kemajuan siswa dalam pekerjaan sehari-hari mereka menggunakan tugas. Sama seperti di ruang kelas, guru dapat menggunakan aplikasi dan fungsi tim untuk mendukung cara mereka bekerja terbaik (Education & Vol, n.d.).

Dalam satu aplikasi Microsoft Office 365 pembelajaran dapat berlangsung dengan fitur-fitur penunjang yang dapat mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa dapat membuat tim untuk diskusi kelompok, proyek, aktivitas berbeda (yang diperlukan) dan mengundang orang lain dalam sekolah untuk bergabung sebagai anggota tim. Microsoft Teams juga dapat dibuat berdasarkan grup Office 365 yang sudah ada, dan segala perubahan pada grup Office 365 secara otomatis akan disinkronnisasi ke dalam Teams. Sistem tersebut menyederhanakan proses pengundangan dan pengelolaan anggota tim, dan menyimpan file grup di Microsoft Teams. Selain itu Microsoft Teams juga dapat digunakan untuk video conference untuk pembelajaran tatap muka melalui daring.

Sebagai contoh, kelas individual dapat lebih lanjut dikelola menjadi saluran (channel) yang berisi tab untuk percakapan, file, catatan, dan sebagainya. Saluran dapat dibuat berdasarkan kebutuhan kelas yang beragam, misalnya, berdasarkan unit, subjek, atau grup berbasis proyek. Tab memungkinkan kelas mengunggah, meninjau, mengedit file, catatan, dan konten yang dapat disesuaikan (seperti dokumen, lembar kerja, presentasi, video, tautan eksternal, aplikasi lain, dan sebagainya). Konten ini dapat diakses dengan mudah oleh semua mahasiswa didalam kelas.


Keuntungan menggunakan Teams yaitu Mendapatkan keuntungan produktivitas dan komunikasi yang semakin diperkaya, fokus yang lebih baik pada pekerjaan dan sekolah, transparansi meningkat, memudahkan kerjasama yang baik pada tempat kerja/sekolah digital, kemudahan masuknya anggota tim baru dapat lebih cepat meningkatkan kecepatannya.

Selain itu juga terdapat kendala dalam penggunaan Microsoft Teams yaitu siswa masih cukup pasif dalam pelaksaan pembelajaran daring. Tetapi, dari kendala tersebut masih dapat diatasi oleh guru. Hal tersebut yang membuat guru juga menggunakan aplikasi whatsapp untuk mengingatkan siswa saat akan dilaksanakan pembelajaran daring di Microsoft Teams.

            REVIEW PENULIS

Dengan menggunakan Microsoft Teams dalam kegiatan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia dapat dikatakan cukup efektif dan efisien. Dengan bermacam-macam fitur dalam satu aplikasi membuat banyak kemudahan bagi guru dan siswa dalam penggunaannya, karena guru dapat menyampaikan bahan ajar dengan menggunakan berbagai kemudahan atau fitur yang telah disediakan oleh Microsoft Teams, tidak hanya berupa teks melainkan bisa berupa video. Selain itu, guru dapat juga memantau keaktifan siswanya dengan fitur chat, serta dapat dengan efisien dalam memberikan tugas sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Selain itu Microsoft Teams juga dapat digunakan untuk video conference untuk pembelajaran tatap muka melalui daring. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Microsoft Teams cukup efisien dalam proses pembelajaran daring saat ini.

Dari pengalaman pribadi penulis, yang juga sebagai Guru PAI dan Budi Pekerti di SMK ROTA Bayat yang juga menggunakan aplikasi Teams untuk pembelajaran daring, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menggantikan KBM luring selama masa pandemic. Mengkoreksi tugas juga menjadi lebih praktis tidak perlu kemana-mana membawa kertas atau buku tugas siswa yang memberatkan. Selain itu KBM menjadi ter arsip dengan baik dalam aplikasi Teams. Selain  Teams, di SMK ROTA juga menggunakan aplikasi Microsoft 365 lainnya seperti Form, Sway, PPT Online, dsb. Sebelum menggunakan seluruh aplikasi ini seluruh guru mengikuti training sampai mahir dan mendapatkan sertifikat. Kemudian bagi siswa karena tidak memungkinkan mengadakan kegiatan tatap muka dibuatkan video penggunaan aplikasi ini.

Akan tetapi ada juga masalah yang ditimbulkan akibat pembelajaran luring yang beralih ke daring. Masalah dan hambatan yang ditemui penulis antara lain, siswa butuh uang lebih untuk membeli kuota sedangkan Sebagian siswa berasal dari keluarga kurang mampu. Sempat ada bantuan kuota dari pemerintah, akan tetapi tidak semua siswa mendapatkannya, dan turunnya bantuan membutuhkan waktu yang lama sementara KBM harus terus berlangsung. Selain itu kendala yang lain adalah beberapa siswa HP tidak mendukung untung mengunduh aplikasi ini sehingga terpaksa dating kesekolah untuk belajar menggunakan computer yang disediakan sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAJLIS LUGOH

Ketika Minyak Goreng Semakin Mahal